Halo, semua. Sudah lama, ya, blog ini gak ada update-nya. Hehehe, maklumlah. Adminnya udah gak terlalu aktif lagi di dunia mod Narsen. Grup Narsen pun sekarang sepi.
BTW, Kalian yang pernah membuat sprite Narsen, tentu udah gak asing lagi sama sprite sheet, kan? Meskipun kadang masih ada yang menamainya NZC. Mentahan sprites karakter yang kalian dapatkan dari Google, DeviantArt, Sprite Data Base, Sprite Resource, dan lainnya, itu semua spritesheet.
Nah, kali ini, aku akan ceritain nih, apa aja keluh kesahku selama melukis sprite sheet. Namun, sebelum masuk ke pembahasan, aku akan jelasin dulu beberapa istilah sprite (seadanya saja). Karena lumayan banyak yang salah memahami arti sprite tersebut.
Pengertian Sprite, Spriter, dan SpriteSheet
"Sprite" ialah satu gambar yang menjadi perwujudan atau penggambaran dari suatu objek. Atau bisa juga diartikan sebagai satu gambar (satu frame) dari spritesheet yang menjadi bagian dari animasi.
Kalau dicontohkan ke Narsen, sprite karakter adalah satu gambaran gerakan karakternya.
"Spriter" ialah orang atau alat yang dikaitkan kepada sprite. Bisa dibilang spriter itu adalah orang yang membuat sprite.
Sedangkan "SpriteSheet" ialah kumpulan dari beberapa sprite dalam satu canvas gambar.
Adapun "Animasi" ialah ilusi gerakan yang timbul karena perpindahan atau pergantian dari satu sprite ke sprite lainnya.
Nah, ada hal yang mesti diluruskan tentang spritesheet ini. Terutama tentang NZC, JUS, dan lainnya. Perlu diketahui, bahwa NZC dan JUS hanyalah jenis dari model sprite atau spritesheet. Singkatan tersebut sebenarnya merujuk kepada sumber asal sprite.
NZC itu singkatan dari "Naruto Ninjutsu Zenkai Cha-crash", nama lain game NDS "Naruto Shinobi Rumble". Sprite dari game ini cukup banyak beredar dan sering digunakan sebagai mentahan sprite Narsen. Sayangnya, karena itu juga banyak yang mengira, kalau setiap jenis sprite/spritesheet itu NZC, sehingga saat mencari atau meminta spritesheet pun, mereka malah menggunakan kata kunci NZC, bukan spritesheet.
Sedangkan JUS, itu singkatan dari "Jump Ultimate Star", salah satu game NDS dengan model battle royal antara karakter anime shonen. Sprite dari game ini juga cukup banyak digunakan sebagai mentahan sprite Narsen. Tapi penggunaannya tidak sebanyak NZC.
Keluh Kesah Spriter
Setelah beberapa waktu menjadi pelukis/ penggambar sprite, kira-kira lima tahun, banyak hal yang kurasakan, baik itu kesenang atau keluhan. Senangnya itu ketika spritesheet yang dibuat, diapresiasi dan dipakai oleh orang lain dengan nyantumin di credits (ngasih tahu sumber sprite-nya). Bahkan kalau sampai banyak yang makai aku lebih senang lagi. Kalau keluh kesahnya banyak sih. Di antaranya:
1. Sebelum mulai lukis, mesti pemanasan dulu. Setidaknya membuat color palette, mempelajari tampilan karakter, dan membuat desain awal. Ini agar saat melukis nanti tak kesulitan. Ini lumayan memakan waktu.
2. Bikin satu frame sprite itu memakan waktu, paling kurang 10 menitan jika tampilan karakternya gak ribet dan cuma recolor. Kalau ribet, bisa lebih satu jam. Dalam waktu itu mesti ngatur warna dan bagian dark (gelap) & light (terang). Karena aku agak perfeksionis, dalam satu frame itu kadang-kadang revisi dan editnya berulang-ulang.
3. Membuat model / gerakan tambahan juga lumayan sulit sih, apalagi kalau mau niru gerakan yang di anime atau di game. Kadang, kalau susah membuat dari awal, aku menciplaknya langsung dari gambar. Meskipun begitu, tetap saja harus disesuaikan lagi ukuran badannya. Karena postur karakternya agak beda.
4. Error dari aplikasi atau memori hp paling sering menjadi masalahku. Kadang saat sudah melukis beberapa frame, aplikasinya (Isopix Pro) error. Padahal belum sempat menyimpan (save) frame tambahan itu. Pas dibuka lagi aplikasinya, canvasnya malah kosong. Terpaksa ngulang lagi deh.
5. Kadang yang lebih parahnya lagi, saat memori hp full, file spritesheet yang hampir jadi pun bisa hilang. Kadang karena lupa mem-backup atau membuat salinannya bener-bener terpaksa ngulang dari awal itu kalau ada mood, kalau gak kutinggalin, alias berhenti melukis.
Tujuanku membagikannya di sini untuk berbagi pengalaman dan cerita, sekaligus agar kalian yang gak tahu rasa jadi spriter jadi tahu, dan agar kalian bisa menghargai spriter.
Penutup
Sekian postingan kali ini. Aku mohon maaf kalau ada kesalahan dalam penyampaiaan informasi. Semoga kalian yang membaca postingan ini dapat pencerahan tentang sprite dan spritesheet, pun menghargai spriter ke depannya.